Diet ala Jepang untuk Umur yang Lebih Panjang

Bangsa Jepang mempunyai angka harapan hidup tertinggi di dunia yaitu 81 tahun pria dan 87 tahun untuk wanita! Apa rahasia panjang umur orang Jepang? Ternyata pola makan atau diet lah yang menyebabkan bangsa Jepang tetap bugar di umur yang sudah senja.

sushi-jepang
Sushi, Hidangan Tradisional Jepang Berbahan Dasar Ikan Mentah

Jepang merupakan negara kepulauan yang terletak di Asia Timur. Posisi geografisnya yang dekat dengan lautan membuat bangsa Jepang memanfaatkan sumber daya laut sumber protein utama. Melimpahnya sumber daya laut membuat kuliner Jepang banyak berbahan dasar ikan mentah seperti Sushi dan Sashimi. Seperti yang sudah diketahui, ikan mengandung asam lemak omega-3 yang berkhasiat mencegah berbahaya utama yang berhubungan dengan penyakit jantung.

Kegemaran orang Jepang mengonsumsi makanan segar menyebabkan masyarakatnya mempunyai angka harapan hidup yang tinggi. Diperkirakan terdapat 2 juta lansia yang mempunyai usia 90 tahun ke atas. Okinawa adalah prefektur yang paling banyak mempunyai penduduk di atas 100 tahun.

Pola konsumsi orang Jepang banyak disebut-sebut sebagai rahasia panjang umur masyarakat di negeri matahari terbit ini. Diet orang Jepang terdiri atas makanan yang banyak mengandung biji-bijian dan sayur-sayuran, daging dan kedelai dalam jumlah sedang, dan susu serta buah-buah dalam jumlah yang minimal.

Kacang kedelai, biasanya dalam bentuk tofu (tahu – Indonesia: red) atau kacang kedelai yang masih muda diyakini sebagai salah satu kunci menu diet masyarakat Jepang. Adapun jenis kacang-kacangan lain adalah kacang merah kecil atau aduki.

Diet Jepang: Makan dengan Porsi Kecil

Orang Jepang terbiasa menyajikan makanan dengan porsi kecil. Inilah alasan orang Jepang lebih sering menggunakan mangkuk kecil daripada piring berukuran besar. Setiap mangkuk kecil digunakan untuk menyajikan makanan yang berbeda-beda. Dalam satu set makanan biasanya terdiri atas nasi, miso, ikan atau daging, dua atau tiga porsi sayuran. Orang Jepang juga tidak membatasi diri untuk urusan snack atau camilan. Biasanya jenis makanan tersebut juga disajikan dalam porsi minimalis. Seperti tips diet yang sudah umum, makan dalam porsi kecil namun dengan frekuensi yang lebih sering.

Referensi:

Life Expectancy for Japanese Men and Women at New Record High

Why is the Japanese diet so healthy?