Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Ibu Kota Baru Indonesia

Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara adalah dua kabupaten yang terpilih menjadi ibu kota baru Republik Indonesia. Pengumuman tersebut disampaikan secara langsung oleh Presiden Jokowi dalam sebuah konferensi pers yang ditayangkan secara live.

penajam-paser-utara-kutai-kartanegara-ibu-kota-baru
Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara Akhirnya Terpilih Sebagai Lokasi Ibu Kota Baru (Sumber: Instagram @jokowi)

Seperti yang telah dibocorkan sebelumnya, ibu kota baru Indonesia akan terletak di Provinsi Kalimantan Timur. Daerah terpilih yang menjadi ibu kota baru adalah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara. Dua kabupaten ini diapit oleh dua kota besar yakni Samarinda dan Balikpapan.

Presiden Joko Widodo Mengumumkan Lokasi Ibu Kota Baru dalam Tayangan Live Streaming

Daerah ini (Penajam Paser Utara – Kutai Kartanegara – red) mempunyai posisi strategis di tengah-tengah kepulauan Indonesia. Terletak di Pulau Kalimantan yang relatif aman dari gempa, kebakaran hutan, longsor, dan bencana alam lainnya.

Kabupaten Penajam Paser Utara

Wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara merupakan hasil pemekaran dari daerah Kabupaten Paser. Kabupaten ini diresmikan pada tahun 2002 dan menjadi kabupaten termuda kedua di Provinsi Kalimantan Timur. Dengan luas 3.333,06 km2, Penajam Paser Utara dihuni oleh 190.536 jiwa. Penajam Paser Utara beribukota di Penajam.

ibu-kota-baru-penajam-paser-utara
Wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara (Sumber: Wiki)

Kabupaten Kutai Kartanegara

Sementara Kabupaten Kutai Kartanegera mempunyai cakupan wilayah yang cukup luas yaitu sekitar 27.263,10 km2 dengan penduduk mencapai 655.167 jiwa. Secara geografis, kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Malinau dan Provinsi Kalimatan Utara di sebelah utara; Kabupaten Kutai Timur, Kota Bontang, dan Selat Makassar di sebelah timur; Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kota Balikpapan di sebelah selatan; dan Kabupaten Mahakam Hulu dan Kabupaten Kutai Barat pada sisi barat.

Wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara (Sumber: Wiki)

Kutai Kartanegara mempunyai bentang alam yang cukup bervariasi dari dataran tinggi hingga pantai. Dataran tinggi terdiri atas pegunungan dengan ketinggian 500 m hingga 2.000 m di atas permukaan laut, sedangkan pada sisi landai terdapat area pantai dan area Sungai Mahakam. Selain itu, terdapat belasan danau di kabupaten ini. Dua diantaranya yang paling terkenal adalah Danau Semayang dan Danau Melintang.

sungai-mahakam
Sungai Mahakam, Sungai Terbesar di Kalimantan Timur (Sumber: Kaltim Post)

Kabupaten Kutai Kartanegara atau sering disingkat Kukar merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Kutai. Pada tahun 1999, Kabupaten Kutai dimekarkan menjadi empat daerah otonom yang diantaranya adalah: Kabupaten Kutai Kertanegara, Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Kutai Timur, dan Kota Bontang. Kabupaten Kutai Kartanegara sendiri mempunyai ibu kota di Tenggarong.

Alun-Alun Kota Tenggarong (Sumber: Transverse.id)